Rabu, 01 Februari 2012

Kiat Menjadi Super Mom


Terkadang, supermom itu bisa menjadi tuntutan. Misalnya, bila si wanita bersuamikan suami yang manja, harus terus diperhatikan, atau mempunyai banyak anak. Atau, sebagai wanita karier, ia harus bisa mengatur dan bisa membagi waktu sebaik-baiknya. Bila kondisi supermom menjadi tuntutan, psikolog Clara Istiwidarum Kriswanto menyebutkan beberapa prasyarat:

* Jaga fisik dan badan untuk selalu sehat. Kebiasaan membiarkan tubuh tak terawat, lupa makan atau tidur harus ditinggalkan. Sebab, kebiasaan itu akan menimbulkan penyakit. Begitu jatuh sakit, jelas tidak mungkin semua pekerjaan itu bisa diselesaikan. Karena itu, bila keadaan tubuh lesu, kurang darah, letih dan tidak bersemangat, segeralah minum obat atau istirahat yang cukup untuk tidak jatuh sakit.

* Buatlah jadwal kegiatan. Ini dilakukan supaya kegiatan rumah tangga terarah harus dengan perencanaan-perencanaan yang matang. Kegiatan diurutkan pada yang terpenting terlebih dahulu yang menjadi prioritas. Tempelkan jadwal itu di tempat yang dapat dilihat secara jelas sehingga tidak lupa tentang apa yang harus dikerjakan hari ini.

* Bersikap fleksibel. Artinya, keputusan yang sudah ditulis dalam jadwal dan mungkin sudah diketahui keluarga, tidak harus tidak dilanggar. Apagila ada kegiatan yang waktunya bersamaan, cari jalan tengah yang paling baik. Misalnya dengan mewakilkan pada orang lain, pembantu atau hanya titip pesan.

* Bersikap realistis. Apabila tidak sanggup karena sibuk, katakan tidak bisa. Jangan lantas merangkap-rangkap kegiatan akhirnya hasil tidak maksimal. Misalnya harus menjemput anak, sementara masih harus menyelesaikan pekerjaan di kantor. Paling tidak yang menjadi prioritas utamanya adalah menyuruh orang menjemput anaknya daripada pekerjaan di kantor tidak terselesaikan. Walaupun mungkin harus juga menjelaskan pada anak bahwa ibu sibuk di kantor.

* Selalu berpikir positif. Tak mungkin semua pekerjaan rumah tangga diselesaikan sendiri. Harus ada orang yang membantu apabila memang pekerjaan rumah tangga terlalu menyibukkan. Percayakan pada orang lain apabila tidak bisa. Jangan berpikir macam-macam dengan dugaan yang tidak-tidak. Sebab itu akan memusingkan diri sendiri.

* Agar tidak stres, kenalilah diri sendiri. Harus tahu apa yang disukai dan membuat diri sendiri bahagia. Oleh karenanya perlu pula membuat daftar keinginan-keingan yang disukai dan tidak. Paling tidak ini menjadi penting untuk menghibur diri agar sewaktu ada waktu luang bisa dijadikan penghilang stress.

Untuk menjadi super Mom harus sehat jasmani dan rohani. Seimbangkan antara gerak dan berpikir. Kelola stress dengan baik...dan yang penting selalu berfikir positif, jadikan hari-hari anda selalu positif..
Salam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar