Kamis, 09 Februari 2012

Cara Psikologis Mengetahui Seseorang Sedang Berbohong


Tidak perlu detektor canggih untuk mengetahui jika kekasih Anda atau orang yang sedang berbicara dengan anda sedang berbohong atau tidak. Cukup perhatikan gerak-geriknya seperti yang disarankan Cosmopolitan berikut ini. Dan bagi para pembohong, Anda juga wajib membaca agar bisa memberi gaya tubuh yang lebih terpercaya saat sedang mengarang cerita nanti!
1) Gerakan Mata
Coba perhatikan bagaimana bahasa tubuh si dia saat akan menjawab pertanyaan Anda. Jika matanya bergerak ke kanan, ia sedang berusaha mengingat-ingat kejadian. Tapi jika ia melihat ke atas lalu ke kiri, ia sedang mengarang jawaban yang pas.

2) Bermain hidung dan telinga
Sudah jelas, ia tidak punya alergi apa-apa. Tapi si dia terus-menerus memainkan telinga dan hidung. Mungkin ia sedang alergi bohong! Saat sedang berbohong, darah akan mengalir lebih banyak pada wajah, membuat hidung dan telinga terasa lebih hangat dan menjadi gatal.
 

3) Geser ke kiri, geser ke kanan
Mungkin ia hanya sekadar gugup saat menggeser-geser kursi atau mengetukkan jemari. Tapi sebagai seseorang yang curiga, bisa saja kegugupan ini terjadi karena si dia sedang berbohong.
 

4) Tutup mulut!
Saat seseorang sedang berusaha menghalau kebenaran keluar dari mulut, secara tak sadar ia akan menghalangi mulutnya dengan tangan. Selain itu, si dia mungkin akan menjilat bibirnya sendiri dan berusaha mengalihkan pandangan dari Anda, ke bawah dan ke kanan.
5) Garuk-Garuk Kepala
Saat sedang berbicara jika dia melakukan gerakan seperti garuk-garuk kepala itu tandanya dia sedang memikirkan bagaimana cara menjawab..padahal dia tidak tahu jawaban yang sebenarnya. Pura-pura gatal rambutnya. 

Cukup mudah sebenarnya untuk melihat kebohongan seseorang jika sedang berbicara dengan kita.  Pelajari bahasa tubuh, karena bahasa tubuh bisa mengungkapkan segalanya.
Berdasarkan hasil penelitian, bahasa tubuh sangat significant mempengaruhi ekspresi kita baik ketika berinteraksi dengan orang lain, bahkan ketika kita berpromosi untuk bisnis maupun presentasi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar