Senin, 05 Maret 2012

Hindari Subjektifitas

Sering kita menjumpai disekitar kita, teman kita atau rekan kerja kita melakukan penilaian terhadap sesuatu hal yang terjadi disekitar kita, baik yang dilihat ataupun yang dibaca hanya dari luarnya saja, bahkan menjurus subjektifitas.  
Akibatnya apa? Penilaian dan tindakan yang akan dilakukan juga akan salah ataupun keliru.  Lebih celaka lagi kalau yang anda lakukan diikuti oleh bawahan anda ataupun anak-anak anda. Maka berhati-hatilah dalam melakukan penilaian terhadap apa yang anda lihat, apa yang anda rasakan. Cerna dengan baik terhadap kondisi sekitar kita, bahkan dengan tulisanpun sebelum anda memberikan komentar, mengertilah apa maksud tulisan tersebut, apa yang tersirat di dalamnya dan apa yang ingin disampaikan oleh penulis.  Jangan terburu-buru untuk menyimpulkan.  Jangan menilai sesuatu secara subjektifitas.

Jangan biarkan diri anda dikuasai oleh subjektifitas.  Anda tidak boleh hanya percaya pada apa yang anda lihat, dan anda rasakan.  Anda harus ingat bahwa di dunia ini ada orang lain.  Buka mata dan telinga anda lebar-lebar, biarkan fakta berbicara pada anda, agar anda dapat mengambil keputusan secara baik dan benar.
(G Wilwatika)


Jangan biarkan anda dikuasai oleh subjektifitas.  Yang dimaksud disini adalah menghindar dari persepsi yang salah karena anda tidak melakukan pembacaan yang lebih jauh lagi atau hanya mentok di permukaan saja.  Padahal yang demikian tidak baik karena akan melahirkan kesimpulan atau tindakan yang kurang tepat dikarenakan kurangnya pemahaman atas apa yang dilihat.

Karenanya anda jangan langsung hanya percaya atas apa yang anda lihat dan anda rasakan.  Tetapi anda juga harus ingat bahwa di dunia ini ada orang lain.  Keadaan mereka juga bisa membantu menguatkan diri anda, mereka adalah seperti keluarga, kerabat dan orang yang anda sayangi. Berikan mereka ruang untuk memberikan support dan motivasi terhadap anda.  Anggap mereka sebagai pembentuk kekuatan yang menguatkan perjalanan anda.

Selain itu buka mata dan telinga anda lebar-lebar, biarkan fakta berbicara pada anda, agar anda dapat mengambil lebih banyak lagi dari apa yang anda lihat disertai dukungan orang-orang sekitaranda, sehingga anda dapat mengambil keputusan secara tepat, baik dan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar