Kamis, 08 Maret 2012

Belajar Dari Kesalahan

Jangan berdalih atau bersilat lidah hanya untuk menutupi kesalahan anda....Bukan antara salah dan benar, melainkan bagaimana anda memperbaiki kesalahan anda..

Intinya jangan menutup diri dan bersedia dengan lapanga dada untuk dikritik.  Siapapaun pernah melakukan kesalahaan,  karena perbuatan merupakan bagian dari kodrat manusia.  Menyadari dan memperbaikinya adalah mutlak dilakukan oleh kita. Sikap mau menyadari atas kesalahan merupakan sikap keberanian.  Sikap yang demikian tumbuh seiring dengan berkembangnya potensi terbaik dalam diri, yakni pikiran positif dan kehendak untuk berubah menjadi lebih baik.  Pada dasarnya orang akan menilai anda bijak, jika anda menampakkan sikap yang terbuka dan mau berbagi dan mengoreksi setiap kesalahan-kesalahan anda sendiri kemudian membenahinya.


Namun ironis jika anda berusaha untuk menutupi kesalahan anda sendiri dengan dalih dan alasan-alasan agar anda tampak sebagai orang yang tidak bersalah, malah hal yang demikian membuat anda terkesan seperti orang yang kalah, yakni kalah atas diri anda sendiri karena tidak mau memperbaiki diri dan kesalahan anda.  Bersikaplah berani terbuka atas sesuatu yang bisa membuat anda lebih baik dan maju, sehingga orang lain tidak menganggap anda sebagai pengecut atau pecundang atas diri anda sendiri.




Salam....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar